Sabtu, 07 Februari 2015

Contoh Makalah Kunjungan Wisata/Study Tour

Hai teman - teman, dibawah ini adalah contoh makalah kunjungan wisata/study tour, ini saya buat berdasarkan kunjungan angkatan sekolah saat ke Bandung, Jawa Barat, ini juga merupakan tugas dari guru saat kelas VII. Semoga Bermanfaat!




STUDY TOUR DI KOTA BANDUNG

·         Latar Belakang
Study tour yang dilaksanakan oleh pihak sekolah SMPN 1 CILEUNGSI merupakan salahsatu program sekolah yang dilaksanakan setelah para siswa melaksanakan ujian semesteran. Program ini dilaksanakan dalam rangka refreshing bagi siswa setelah 1 semester melaksanakan semua kegiatan sekolah yang sangat membutuhkan konsentrasi baik secara fisik maupun mental. Kegiatan ini tentunya sangat ditunggu – tunggu  oleh para siswa karena sangat menyenangkan.

Tujuan kegiatan ini ditentukan oleh pihak sekolahyaitu dikota Bandung, alasannya kota Bandung adalah ibukota Jawa Barat, sehingga semua masyarakat Jawa Barat diharapkan dapat berkunjung di ibukotanya termasuk para siswa SMPN 1 CILEUNGSI. Siswa SMPN 1 CILEUNGSI diharapkan mengetahui seluk beluk tentang Museum Geologi & Trans Studio Bandung.

·         Pelaksanaan
Pada pemberangkatan siswa yang ikut study tour suasananya sangat ramai. Pada sekitar jam 06.00, siswa SMPN 1 CILEUNGSI sudah siap menunggu di sekolah. Namun ada satu kendala pada saat pemberangkatan, yaitu perubahan nomor bis yang banyak belum diketahui oleh para siswa, sehingga ada siswa yang tidak kebagian tempat duduk.
-          Museum Geologi
Tempat ini adalah tempat yang pertama dikunjungi oleh siswa study tour SMPN 1 CILEUNGSI. Disana siswa SMPN 1 CILEUNGSI dapat belajar tentang peninggalan zaman purba & mengetahui bagaimana gunung bisa meletus serta bermacam – macam batu, tapi karena waktu sudah menjelang siang, siswa SMPN 1 CILEUNGSI harus makan terlebih dahulu sebelum memasuki Museum Geologi. Setelah makan, siswa baris untuk memasuki Museum Geologi. Banyak hewan purba yang dapat dilihat langsung oleh siswa SMPN 1 CILEUNGSI, seperti dinosaurus, kura-kura, dan masih banyak lagi. Sebelum pulang menuju bis, saya & siswa SMPN 1 CILEUNGSI menonton film tentang terjadinya permukaan bumi ini yang sangat macam ragamnya seperti gunung, laut, rawa, dll, dan semua itu terjadi karena waktu. Sebelum pulang menuju bis ada beberapa siswa yang membeli oleh-oleh yang ada di depan Museum Geologi. Setelah itu saya & teman sekamar saya yaitu Wulan, Fathya, & Fasya menginap di Universitas Pendidikan Indonesia atau disebut juga UPI.
-          Trans Studio Bandung
Tempat ini adalh tempat yang terakhir dikunjungi oleh siswa SMPN 1 CILEUNGSI. Mulai dari jam 09.30 pagi sampai jam 15.00, siswa dapat bersenang ria di tempat ini. saya sendiri merasa senang bias berada di tempat ini, saya 7 teman saya menaiki beberapa wahana, yaitu Jelajah, Sky Pirates, Petualangan si Bolang & Special Action. Di tengah hari para siswa harus makan siang. Mereka bias langsung menukarkan kupon yang telah diberikan pada saat pintu masuk, lalu bias mendapatkan nasi box. Di tempat ini siswa SMPN 1 CILEUNGSI juga dapat belajar yaitu di Sciebce Centre, Disana siswa dapat belajar menegenai pelajaran Sains. Siswa SMPN 1 CILEUNGSI juga dapat berfoto dengan figuran-figuran tokoh seperti Michele Jckson, dll. Siswa juga dapat membeli oleh-oleh dari tempat ini untuk keluarga ataupun teman. Sepertinya siswa SMPN 1 CILEUNGSI sangat merasa senang bias mengunjungi Trans Studio Bandung, seperti saya dan teman-teman.

·         Evaluasi
-          Ada siswa yang tidak mendapatkan tempat duduk di bis pada saat pemberangkatan, sehingga harus mencari tempat duduk di bis lain yang masih kosong.
-          Pembagian kunci kamar tidak teratur dengan baik sehingga siswa saling berebut.
-          Pembagian nasi box di Museum Geologi kurang teratur.

·         Penutup
Demikian makalah yang saya buat, sebagai bahan masukan bagi yang terkait dengan pelaksanaan study tour mendatang.

0 komentar:

Posting Komentar